Sabtu, 05 Maret 2011

CATATAN HARI INI

Oleh : Sopyan De lubis 
suatu peribahasa mengatakan "you can't change wind direction but you can change your wing direction" yang berarti kita tidak bisa mengubah arah mata angin tapi kita bisa merubah arah sayap kita. suatu ungkapan yang seandainya kita cermati dengan bijak akan memberikan banyak sekali pelajaran yang berharga kepada kita. terkadang dalam menjalani  kehidupan ini kita mendapatkan banyak ujian dan cobaan ada orang yang bisa menghadapi ujian itu tapi ada pula orang yang tidak tahan dengan ujian itu. dia beranggapan bahwa kehidupan ini tidak adil baginya kemudian ia menyalahka takdir dan bahkan ada yang sampai tidak betah dengan kehidupanya. sebenarnya apa yang mengebabkan ada orang yang seperti itu?
dapat di katakan bahwa mereka adalah orang orang yang berputus asa dan jauh dari rahmat Allah. serta jauh dari Allah. seandainya mereka dekat dengan Allah Yang Maha Pengasih Maka, tentulah ketenangan akan ada bersama dirinya. salah seorang Ulama mengungkapkan bahwa aka ada suatu masa dimana ada banyak gelombang ujian cobaan dan fitnahan pada umat manusia dan tidak ada apapun yang bisa di lakukan manusia untuk menyelamatkan dirinya dari cobaan itu kecuali do'a sebagaimana ia berdoa ketika Ia sedang tenggelam di tengah lautan. jadi intinya kedekatan dengan tuhannya akan memberikan suatu kekuatan semangat pada dirinya dan juga ketenangan. dia tidak aka merasa kehilangan sesuatu karena ia yakin Dia tidak memiliki Apa-apa Selian Allah Di hatinya. ketika ia mendapat musibah dia tidak menganggap itu sebuah musibah tapi itu adalah suatu anugerah dari Allah karena ia yakin ketika Musibah itu di bebankan kepadanya berarti secara tidak langsung Allah telah memilihnya untuk menjadi menjadi hambanya yang shaleh. jadi, intinya adalah kedekatan dengan Rabbnya. Aidh Al Qarni dalam Bukunya Syiyatul Qulb Mngungkapkan sebuah Hadits Rasululloh SAW "Kenalilah Allah Saat Anda Senang Niscaya Allah Akan mengenali Anda Saat Anda susah"
satu hal lagi yang perlu di perhatikan adalah Kita seharusnya Introspeksi diri denga segala kejadian yang terjadi kita ambil pelajaran dari berbagai musibah yang terjadi pada kita. barang kali segala musiba yang kita hadapi saat ini adalah balasan atas kelakuan kita selama ini atau bisa jadi musibah atau ujian yang datang adalah sebagai teguran bagi kita karena kita selama ini lupa kapada Allah... atau bisa jadi kegagalan, dan masalah yang terjadi pada Kita Akibat kita tidak Berusaha memperbaiki diri.
ada Beberapa Dari sisi kehidupan Kita Yang perlu di perbaiki di antaranya
  1. Ubahlah paradigma berfikir 
  2. lakukan perubahan Visi
  3. lakukan Juga Perubahan Aksi
  4. kembali pada Sang Kholik
  5. selalu berada Bersama Orang-orang soleh dan Sukses
jadi lakukan itu demi sebuah perubahan  jangan merasa perubahan itu suatu hal yang mustahil ingatlah Firman Allah SWT bahwa Setelah sesulitan Akan ada kemudahan
Wallahu a'lam......

Tidak ada komentar: